PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN
KETRAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI
UNTUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
SMK MUHAMMADIYAH 3 SURAKARTA
CONTOH PROPOSAL TUGAS AKHIR
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Kelulusan
Pada Jenjang Strata Satu Program Studi Sistem Informasi
STMIK DUTA BANGSA SURAKARTA
Disusun Oleh :
Nama : Heri Syaifudin
NIM : 090101093
Program Studi : S-1. Sistem Informasi
SEKOLAH TINGGI MANAGEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
STMIK DUTA BANGSA SURAKARTA
2011
SEKOLAH TINGGI MANAGEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER PROGRAM STUDI
SISTEM INFORMASI
STMIK DUTA BANGSA SURAKARTA
PERSETUJUAN PROPOSAL SKRIPSI/TUGAS AKHIR
Judul
Nama
NIM
|
:
:
:
|
Pembuatan
Media Pembelajaran Interaktif Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan
Informasi (KKPI) untuk SMK MUH. 3 SKA
Heri
Syaifudin
090101093
|
Pembimbing
I
(
........................................... )
|
Proposal
ini telah disetujui
Surakarta,
April 2011
Pembimbing
II
(
........................................... )
|
SEKOLAH TINGGI MANAGEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER PROGRAM STUDI
SISTEM INFORMASI
STMIK DUTA BANGSA SURAKARTA
PENGESAHAN PROPOSAL SKRIPSI/TUGAS AKHIR
Judul
Nama
NIM
|
:
:
:
|
Pembuatan
Media Pembelajaran Interaktif Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan
Informasi (KKPI) untuk SMK MUH. 3 SKA
Heri
Syaifudin
090101093
|
Pembimbing
I
(
........................................... )
|
Proposal
ini telah disetujui
Surakarta,
April 2011
Pembimbing
II
(
........................................... )
|
Kepala STMIK
Duta Bangsa Surakarta
Drs. Singgih
Purnomo, MM
|
Pembuatan
Media Pembelajaran Interaktif KKPI untuk SMK
Heri
Syaifudin – 090101093
S-1 Sistem
Informasi STMIK DUTA BANGSA SURAKARTA - 2011
ABSTRAK
Dalam
kegiatan belajar mengajar KKPI dengan metode konvensional secara
tatap muka atau ceramah membuat proses penyampaian materi menjadi
tidak efektif, tidak menarik dan kurang menyenangkan, maka sangat
dibutuhkan suatu inovasi metode pembelajaran dengan menggunakan media
pembelajaran.
Tujuan
pembuatan media pembelajaran ini adalah untuk menghasilkan media
pembelajaran KKPI kelas X. Manfaat media pembelajaran ini adalah
menjadi solusi proses pembelajaran yang efektif, menarik dan lebih
menyenangkan serta memudahkan proses belajar siswa. Pembuatan media
pembelajaran ini menggunakan metode pendataan dan pendekatan masalah.
Pembuatan
media pembelajaran ini diharapkan dapat bermanfaat bagi SMK
Muhammadiyah 3 Surakarta khususnya, dan SMK-SMK lain pada umumnya.
Kata
Kunci : Media Pembelajaran Interaktif
V + 11
halaman; 2 tabel; 1 gambar
Referensi :
4; 2003-2008
- LATAR BELAKANG
Sejak berlakunya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terdapat struktur kurikulum
Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) yang
pemberlakuannya secara nasional. Tetapi dalam penyampaian Kegiatan
Belajar Mengajar (KBM) Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi
(KKPI) guru masih menggunakan metode konvensional atau tatap muka
(ceramah), sehingga proses belajar mengajar menjadi tidak efektif,
tidak menarik dan kurang menyenangkan.
Berdasarkan latar belakang tersebut maka sangat dibutuhkan suatau
inovasi metode pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran
Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) yaitu dengan
membuat media pembelajaran agar proses belajar siswa menjadi efektif,
menarik dan lebih menyenangkan.
- RUMUSAN MASALAH
Berdarkan latar belakang dapat diambil rumusan masalah sebagai
berikut : Bagaimanakah membuat Media Pembelajaran Ketrampilan
Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) untuk SMK kelas X agar
proses belajar siswa menjadi efektif, menarik dan lebih menyenangkan?
- BATASAN MASALAH
Penelitian dibatasi pada pembuatan media pembelajaran interaktif KKPI
untuk SMK kelas X.
- TUJUAN PENELITIAN
Tujuan pembuatan penelitian adalah untuk menghasilkan media
pembelajaran KKPI untuk SMK kelas X.
- MANFAAT PENELITIAN
- Media pembelajaran menjadi solusi pembelajaran yang efektif, menarik dan lebih menyenangkan.
- Media pembelajaran memudahkan proses belajar siswa.
- METODE PENELITIAN
Dalam pembuatan media pembelajaran interaktif KKPI untuk SMK kelas X,
sehingga mendapatkan hasil yang menarik maka digunakan beberapa
metode penelitian sebagai berikut :
- Kepustakaan
Merupakan pengumpulan data dengan cara pengambilan data-data dari
catatan kuliah serta buku-buku yang ada kaitannya dengan bidang media
pembelajaran interaktif.
- Observasi
Dalam metode ini mengadakan pengamatan secara langsung di salah satu
instansi SMK (SMK Muhammadiyah 3 Surakarta).
- Wawancara
Metode pengumpulan data dengan cara mengajukan pertanyaan kepada
salah satu instansi SMK (SMK Muhammadiyah 3 Surakarta).
- Analisis
Menganalisis bagaimana membuat media pembelajaran interaktif KKPI
yang menarik untuk SMK (SMK Muhammadiyah 3 Surakarta).
- Perancangan dan pembuatan sistem
Disini penulis merancang dan membangun suatu animasi pembelajaran
yang mudah dipahami, dimengerti serta bias digunakan dengan mudah.
Pembuatan media pembelajaran yang berisi animasi, suara, image, video
dan teks.
- Uji coba
Melakukan pengujian dari hasil pembuatan yang telah dibuat dengan
melakukan jejak pendapat tentang hasil penelitian.
- Implementasi
Mengimplementasikan hasil dari pembuatan media pembelajaran
interaktif yang telah dibuat dalam bentuk CD/DVD (Compact Disk)
- LANDASAN TEORI
Media
adalah alat atau sarana yang di gunakan untuk mencapai sesuatau, bisa
berupa benda mati ataupun benda hidup. Sedangkan Pembelajaran adalah
proses penciptaan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses
belajar. Interaktif adalah sesuatu yang saling merespon antara benda
yang satu dengan benda yang lain sehingga menimbulkan sebuah
komunikas.
Media
Pembelajaran adalah alat atau sarana yang di gunakan untuk
melaksanakan proses belajar mengajar. Baik berupa alat elektronik
atau alat peraga.
Media
pembelajaran Interaktif adalah proses belajar mengajar yang
menggunakan media atau sarana yang bisa saling berkomunikasi atau
saling merespon.
Macromedia
Director adalah software programming /authoring dengan
sentuhan grafis yang mampu mengimprot dan mengendalikan banyak format
seperti : movie, bidmap, vector.
Cool
Edit Pro adalah software complete multitrack digital audio
recorder, editor, dan mixer untuk Windows 98, Windows ME, Windows
2000, Windows XP, dan juga Vista Yang dibuat oleh Syntrillium
Software Corporation. Selain untuk merekam suara, cool Edit Pro juga
mampu mengedit dan menconvert file suara.
Camtasia
adalah software yang berfungsi untuk merekam aktifitas yang terlihat
di destop komputer. video yang dihasilkan berupa video yang berformat
Avi. Selain untuk merekam aktifitas komputer Camtasia juga berfungsi
untuk sditing video.
Macromedia Flash merupakan sebuah program yang didesain
khusus oleh Macromedia, saat itu sebagai pengembangnya yang saat ini
sudah dibeli oleh Adobe Incorporated sehingga berubah nama menjadi
Adobe Flash, Flash didesain dengan kemapuan untuk membuat animasi 2
dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk
membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan
yang lainnya.
Macromedia Captivate merupakan aplikasi yang
diperuntukkan bagi penggunaan profesional yang dapat dengan mudah
membuat demonstrasi intektif serta simulasi dalam berbagai format
termasuk Flash (SWF) dan EXE. Kita dapat pula menggunakan aplikasi
ini untuk membuat demonstrasi produk online, simulasi software untuk
e-learning, atau tutorial online.
- KERANGKA PEMIKIRAN
- ANGGARAN BIAYA
- NoJenis BiayaAnggaran (Rp)1.Sewa komputer 2 minggu600.0002Alat tulis150.0003.Transportasi150.0004.Konsumsi200.0005.CD Blank/ Cover DC / Kertas CD150.0006.Buku Referensi150.0007Lain-lain200.0000Jumlah1.600.000
- JADWAL PELAKSANAAN PENELITIAN
NO
|
Kegiatan
|
Maret
2011
|
April
2011
|
Mei
2011
|
Juni
2011
|
Juli
2011
|
|||||||||||||||
Minggu
|
Minggu
|
Minggu
|
Minggu
|
Minggu
|
|||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Pengumpulan Data
|
||||||||||||||||||||
2
|
Analisis
|
||||||||||||||||||||
3
|
Perancangan
|
||||||||||||||||||||
4
|
Pembuatan
|
||||||||||||||||||||
5
|
Uji Coba
|
||||||||||||||||||||
6
|
Implementasi
|
- DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas. Media Pembelajaran. Jakarta : Depdiknas,
2003
Dwi Astuti, Teknik Membuat Animasi Profesional Menggunakan
Macromedia Flas 8, Andi Offset, Yogyakarta, 2006
Hendratmant, The Magic of Macromedia Director.
Informatika. Bandung,
2008
M. Suyanto, Multimedia untuk meningkatkan keunggulan
bersaing, Andi, Yogyakarta, 2003
11
No comments:
Post a Comment