Monday, June 30, 2014

Contoh Proposal Tugas Akhir Lengkap



PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN
KETRAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI
UNTUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
SMK MUHAMMADIYAH 3 SURAKARTA








CONTOH PROPOSAL TUGAS AKHIR

Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Kelulusan
Pada Jenjang Strata Satu Program Studi Sistem Informasi
STMIK DUTA BANGSA SURAKARTA



Disusun Oleh :

Nama : Heri Syaifudin
NIM : 090101093
Program Studi : S-1. Sistem Informasi


SEKOLAH TINGGI MANAGEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
STMIK DUTA BANGSA SURAKARTA
2011
SEKOLAH TINGGI MANAGEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
STMIK DUTA BANGSA SURAKARTA

PERSETUJUAN PROPOSAL SKRIPSI/TUGAS AKHIR


Judul


Nama
NIM
:


:
:
Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) untuk SMK MUH. 3 SKA
Heri Syaifudin
090101093







Pembimbing I



( ........................................... )
Proposal ini telah disetujui
Surakarta, April 2011
Pembimbing II



( ........................................... )







SEKOLAH TINGGI MANAGEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
STMIK DUTA BANGSA SURAKARTA

PENGESAHAN PROPOSAL SKRIPSI/TUGAS AKHIR


Judul


Nama
NIM
:


:
:
Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) untuk SMK MUH. 3 SKA
Heri Syaifudin
090101093




Pembimbing I



( ........................................... )
Proposal ini telah disetujui
Surakarta, April 2011
Pembimbing II



( ........................................... )

Kepala STMIK
Duta Bangsa Surakarta



Drs. Singgih Purnomo, MM


Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif KKPI untuk SMK
Heri Syaifudin – 090101093
S-1 Sistem Informasi STMIK DUTA BANGSA SURAKARTA - 2011



ABSTRAK


Dalam kegiatan belajar mengajar KKPI dengan metode konvensional secara tatap muka atau ceramah membuat proses penyampaian materi menjadi tidak efektif, tidak menarik dan kurang menyenangkan, maka sangat dibutuhkan suatu inovasi metode pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran.
Tujuan pembuatan media pembelajaran ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran KKPI kelas X. Manfaat media pembelajaran ini adalah menjadi solusi proses pembelajaran yang efektif, menarik dan lebih menyenangkan serta memudahkan proses belajar siswa. Pembuatan media pembelajaran ini menggunakan metode pendataan dan pendekatan masalah.
Pembuatan media pembelajaran ini diharapkan dapat bermanfaat bagi SMK Muhammadiyah 3 Surakarta khususnya, dan SMK-SMK lain pada umumnya.




Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif
V + 11 halaman; 2 tabel; 1 gambar
Referensi : 4; 2003-2008













  1. LATAR BELAKANG
Sejak berlakunya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terdapat struktur kurikulum Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) yang pemberlakuannya secara nasional. Tetapi dalam penyampaian Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) guru masih menggunakan metode konvensional atau tatap muka (ceramah), sehingga proses belajar mengajar menjadi tidak efektif, tidak menarik dan kurang menyenangkan.
Berdasarkan latar belakang tersebut maka sangat dibutuhkan suatau inovasi metode pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) yaitu dengan membuat media pembelajaran agar proses belajar siswa menjadi efektif, menarik dan lebih menyenangkan.

  1. RUMUSAN MASALAH
Berdarkan latar belakang dapat diambil rumusan masalah sebagai berikut : Bagaimanakah membuat Media Pembelajaran Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) untuk SMK kelas X agar proses belajar siswa menjadi efektif, menarik dan lebih menyenangkan?
  1. BATASAN MASALAH
Penelitian dibatasi pada pembuatan media pembelajaran interaktif KKPI untuk SMK kelas X.

  1. TUJUAN PENELITIAN
Tujuan pembuatan penelitian adalah untuk menghasilkan media pembelajaran KKPI untuk SMK kelas X.

  1. MANFAAT PENELITIAN
  1. Media pembelajaran menjadi solusi pembelajaran yang efektif, menarik dan lebih menyenangkan.
  2. Media pembelajaran memudahkan proses belajar siswa.

  1. METODE PENELITIAN
Dalam pembuatan media pembelajaran interaktif KKPI untuk SMK kelas X, sehingga mendapatkan hasil yang menarik maka digunakan beberapa metode penelitian sebagai berikut :
  1. Kepustakaan
Merupakan pengumpulan data dengan cara pengambilan data-data dari catatan kuliah serta buku-buku yang ada kaitannya dengan bidang media pembelajaran interaktif.
  1. Observasi
Dalam metode ini mengadakan pengamatan secara langsung di salah satu instansi SMK (SMK Muhammadiyah 3 Surakarta).
  1. Wawancara
Metode pengumpulan data dengan cara mengajukan pertanyaan kepada salah satu instansi SMK (SMK Muhammadiyah 3 Surakarta).
  1. Analisis
Menganalisis bagaimana membuat media pembelajaran interaktif KKPI yang menarik untuk SMK (SMK Muhammadiyah 3 Surakarta).
  1. Perancangan dan pembuatan sistem
Disini penulis merancang dan membangun suatu animasi pembelajaran yang mudah dipahami, dimengerti serta bias digunakan dengan mudah. Pembuatan media pembelajaran yang berisi animasi, suara, image, video dan teks.
  1. Uji coba
Melakukan pengujian dari hasil pembuatan yang telah dibuat dengan melakukan jejak pendapat tentang hasil penelitian.
  1. Implementasi
Mengimplementasikan hasil dari pembuatan media pembelajaran interaktif yang telah dibuat dalam bentuk CD/DVD (Compact Disk)

  1. LANDASAN TEORI
Media adalah alat atau sarana yang di gunakan untuk mencapai sesuatau, bisa berupa benda mati ataupun benda hidup. Sedangkan Pembelajaran adalah proses penciptaan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar. Interaktif adalah sesuatu yang saling merespon antara benda yang satu dengan benda yang lain sehingga menimbulkan sebuah komunikas.
Media Pembelajaran adalah alat atau sarana yang di gunakan untuk melaksanakan proses belajar mengajar. Baik berupa alat elektronik atau alat peraga.
Media pembelajaran Interaktif adalah proses belajar mengajar yang menggunakan media atau sarana yang bisa saling berkomunikasi atau saling merespon.
Macromedia Director adalah software programming /authoring dengan sentuhan grafis yang mampu mengimprot dan mengendalikan banyak format seperti : movie, bidmap, vector.
Cool Edit Pro adalah software complete multitrack digital audio recorder, editor, dan mixer untuk Windows 98, Windows ME, Windows 2000, Windows XP, dan juga Vista Yang dibuat oleh Syntrillium Software Corporation. Selain untuk merekam suara, cool Edit Pro juga mampu mengedit dan menconvert file suara.
Camtasia adalah software yang berfungsi untuk merekam aktifitas yang terlihat di destop komputer. video yang dihasilkan berupa video yang berformat Avi. Selain untuk merekam aktifitas komputer Camtasia juga berfungsi untuk sditing video.
Macromedia Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Macromedia, saat itu sebagai pengembangnya yang saat ini sudah dibeli oleh Adobe Incorporated sehingga berubah nama menjadi Adobe Flash, Flash didesain dengan kemapuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya.
Macromedia Captivate merupakan aplikasi yang diperuntukkan bagi penggunaan profesional yang dapat dengan mudah membuat demonstrasi intektif serta simulasi dalam berbagai format termasuk Flash (SWF) dan EXE. Kita dapat pula menggunakan aplikasi ini untuk membuat demonstrasi produk online, simulasi software untuk e-learning, atau tutorial online.

  1. KERANGKA PEMIKIRAN









  1. ANGGARAN BIAYA
No
Jenis Biaya
Anggaran (Rp)
1.
Sewa komputer 2 minggu
600.000
2
Alat tulis
150.000
3.
Transportasi
150.000
4.
Konsumsi
200.000
5.
CD Blank/ Cover DC / Kertas CD
150.000
6.
Buku Referensi
150.000
7
Lain-lain
200.0000

Jumlah
1.600.000

  1. JADWAL PELAKSANAAN PENELITIAN
NO

Kegiatan
Maret
2011
April
2011
Mei
2011
Juni
2011
Juli
2011


Minggu
Minggu
Minggu
Minggu
Minggu


1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Pengumpulan Data




















2
Analisis




















3
Perancangan




















4
Pembuatan




















5
Uji Coba




















6
Implementasi






















  1. DAFTAR PUSTAKA

Depdiknas. Media Pembelajaran. Jakarta : Depdiknas, 2003

Dwi Astuti, Teknik Membuat Animasi Profesional Menggunakan Macromedia Flas 8, Andi Offset, Yogyakarta, 2006

Hendratmant, The Magic of Macromedia Director. Informatika. Bandung,
2008

M. Suyanto, Multimedia untuk meningkatkan keunggulan bersaing, Andi, Yogyakarta, 2003










11

No comments:

Post a Comment